Jl. Raya Serpong KM. 7 Perumahan Bukit Serpong Mas BV-315 Telp +62 (21) 29445682
Home
Contact

Article

Rabu , 17 Nov 2021 15:14:16

Cara mengatasi Gigi Hitam

Punya gigi bersih dan seputih kapas adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, warna gigi sangat mudah berubah. Lalu bagaimana jika warna gigi berubah menghitam? Apa penyebabnya? Bagaimana cara menghilangkan gigi hitam? Simak ulasan berikut.

Apa penyebab gigi menghitam?

Gigi yang menghitam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu faktor dari dalam (intrinsik) dan luar gigi (ekstrinsik).

Penyebab dari luar gigi

  • Enamel gigi rusak.
  • Timbulnya karang gigi.
  • Kerusakan pada lapisan gigi.
  • Sering mengonsumsi produk dengan warna yang gelap, seperti kopi.
  • Sedang minum obat tertentu, seperti antibiotik tetracycline dan doxycycline.
  • Menggunakan larutan kumur atau pasta gigi tertentu, contohnya chlorhexidine dan cetylpyridinum chloride.
  • Menggunakan tembakau. Merokok atau mengunyah tembakau dapat menimbulkan noda di gigi.
  • Memiliki tambalan gigi yang terbuat dengan perak sulfida.

Penyebab dari dalam gigi

Gigi yang menghitam juga bisa disebabkan oleh kerusakan dari dalam. Warna hitam bisa menjadi tanda dari pembusukan jaringan gigi.

Infeksi pulpa atau gigi yang mati lama kelamaan bisa berubah menjadi hitam. Warna hitam akan muncul seperti titik dan akhirnya menutupi seluruh gigi jika tidak ditangani.

Apa tanda-tandanya gigi mulai menghitam?

Dilansir oleh Healthline, awalnya, gigi hitam muncul sebagai bintik-bintik pada gigi yang tampak berwarna coklat atau abu-abu. Bintik-bintik ini kemudian berkembang jadi semakin luas di gigi. Biasanya perubahan ini tidak terjadi instan dalam semalam, ini akan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Maka itu, jika Anda merasa ada bintik hitam yang tidak seharusnya di gigi, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Sebelum bintik hitam tersebut kemungkinan akan meluas.

Di kasus gigi menghitam karena tartar, biasanya ditemukan area menghitam tepat di bagian atas gigi, di bawahnya garis gusi. Kejadian ini sering terjadi pada anak-anak yang memiliki gigi hitam.

Gigi menghitam lama kelamaan juga bisa berkembang menjadi lubang. Jika sudah ditemukan lubang artinya bagian email gigi telah hancur pada area tersebut.

Bagaimana cara menghilangkan gigi hitam ini?

Cara menghilangkan gigi hitam, akan dilakukan berdasarkan penyebabnya.

Jika tartar atau plak yang gigi jadi hitam, maka dokter gigi akan mencoba untuk menghapus karang gigi menggunakan alat khusus. Alat ini akan mengikis plak dan karang gigi. Jika karangnya sudah sangat keras, dokter membutuhkan alat getar khusus untuk menghancurkannya yang disebut dengan instrumen ultrasonik.

Jika kondisi ini disebabkan karena adanya pembusukan dari dalam gigi, maka pengobatannya akan berbeda lagi, tergantung dengan tingkat pembusukannya. Dokter gigi mungkin menghilangkan pembusukan dengan mengisi bagian lubang gigi.

Jika pembusukan telah mencapai dentin atau bagian di dalam email gigi, Anda membutuhkan mahkota gigi. Mahkota gigi adalah penutup yang berbentuk seperti gigi yang akan diletakan di atas gigi yang membusuk.

Dalam kasus pembusukan yang berat, cara menghilangkan gigi hitam tidak bisa lagi diperbaiki, sehingga dokter merekomendasikan untuk menghilangkan gigi tersebut.

Bagaimana cara mencegah gigi agar tidak menghitam?

American Dental Association merekomendasikan perawatan gigi untuk menghindari masalah gigi seperti di bawah ini.

  • Menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berflouride.
  • Membersihkan atau flossing antar gigi setidaknya sehari sekali.
  • Menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi.
  • Menghindari makanan bergula.
  • Kurangi minuman seperti kopi, soda, teh hitam, anggur merah dan produk tembakau yang bisa membuat warna gigi semakin menghitam.

sumber : https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/cara-menghilangkan-gigi-hitam/


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved